Pertanian Adalah Masalah Hidup atau Mati

Apabila seseorang mendengar kata pertanian, mungkin yang terbayang dalam pikirannya adalah pedesaan, kuno, dan remeh. Hal itu juga yang mungkin membuat para pemuda tidak ingin bergelut di pertanian untuk masa depan mereka. Tetapi sebuah malapetaka melihat Indonesia saat ini. Sebuah negara agraris dan bahari sekaligus, tapi harus impor untuk memenuhi kebutuhan pokok dan hasil laut pun hilang entah kemana.

Ternyata sejak awal, Bapak Presiden Pertama kita, Ir. Soekarno, telah memperingatkan hal ini. Dalam pidatonya saat peletakan batu pertama IPB Baranangsiang.

“Aku bertanja kepadamu: sedangkan rakjat Indonesia akan mengalami tjelaka, bentjana, mala-petaka, dalam waktu jang dekat kalau soal makanan rakjat tidak segera dipetjahkan, sedangkan soal persediaan makanan rakjat ini bagi kita adalah soal hidup atau mati, kenapa dari kalangan-kalanganmu? Kenapa buat tahun 1951/1952 jang mendaftarkan diri sebagai mahasiswa fakultet pertanian hanja 120 orang, dan bagi fakultet kedokteran chewan hanya 7 orang? Tidak, pemuda-pemudiku, studie ilmu pertanian dan ilmu perchewanan tidak kurang penting dari studie lain-lain, tidak kurang memuaskan djiwa yang bertjita-tjita dan pada studie jang lain-lain. Tjamkan, sekali lagi tjamkan, kalau kita tidak “tjampakkan” soal makanan rakjat ini setjara besar-besaran, setjara radikal dan revolusioner,kita akan mengalami malapetaka!”
(Pidato Presiden RI Soekarno pada peresmian Kampus IPB Baranangsiang, 1952)
Ya! Pertanian itu bukan sekedar mencangkul. Pertanian itu juga tentang nasi di meja makan teman-teman semua. Pertanian itu tentang kecukupan gizi saudara-saudara kita dari Sabang hingga Merauke. Pertanian juga tentang devisa atau pendapatan negara. Pertanian juga tentang mengembalikan negara ini sebagai Macan Asia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: