Biologi saja belum cukup?

 

          

Kamu suka biologi atau hal-hal dalam ranah biologi? Mau masuk prodi yang berkaitan dengan biologi, tapi bosen ama kedokteran dan biologi biasa? Mungkin di sini temen-temen bisa temukan cabang-cabang biologi yang lebih khusus dan aplikatif.

Biologi sendiri artinya ialah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Maka jadilah biologi satu ilmu yang sangat luas. Di biologi kita mempelajari tumbuhan, hewan, juga manusianya sendiri. Tak ketinggalan dengan lingkungan atau habitatnya. Makanan beserta kandungan gizinya pula kita pelajari dalam ilmu ini.

Turunan dari ilmu biologi banyak sekali. Dari yang paling banyak digandrungi masyarakat lulusan SMA, yaitu kedokteran hingga yang mungkin belum familiar di telinga kita, ilmu nutrisi pakan hewan.

Oke, saya akan coba jabarkan beberapa klasifikasi turunan ilmu biologi –menurut saya–. Bidang kesehatan, ada kedokteran umum, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, dan gizi.
Di bidang teknologi dari biologinya sendiri ada biologi, mikrobiologi, biokimia, bioteknologi, teknik bioproses, ilmu dan teknologi pangan, teknologi hasil pertanian.
Aplikasi pada tumbuhan, ada agronomi (budidaya tanaman), proteksi tumbuhan, Bioteknologi tumbuhan. Aplikasi di bidang perikanan,  budidaya perikanan, teknologi hasil perairan (membahas bioteknologi juga). Aplikasi pada hewan, ilmu produksi ternak serta produk hasil ternak, kedokteran hewan, dan ilmu nutrisi pakan ternak. Bahkan biologi juga membahas tentang hutan. Di bidang kehutanan juga banyak yang dipelajari, seperti: budidaya tanaman hutan, konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata, dan teknologi hasil hutan. Masih banyak lagi dari masing-masing bidang yang belum saya sebutkan.

Soal prospek tidak usah ditanya. Cabang ilmu yang disebutkan di atas ada karena itu semua dibutuhkan. Banyak permasalahan saat ini membutuhkan penyelesaian melalui ilmu-ilmu di atas, seperti: isu impor pangan, kekurangan gizi, berkurangnya keragaman hayati, dan kebutuhan akan kesehatan masyarakat yang tentunya akan meningkat di masa depan.

Jadi? Masih bingung tentang prodi turunan biologi? Silakan tanya paman google dan sanak saudaranya tentang prodi atau ilmu-ilmu yang penulis sebutkan sebelumnya. Silakan cari tahu dan selami yang ingin kamu ketahui dan temukan kedahsyatannya!!

            

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: