Jadi, ayamku?

Assalamu’alaykum teman-teman. Masih ingat tentang iklan mie instan yang diakhiri dengan seorang kepala sekolahyang dalam ruang kelas penuh ayam? Cukup absurd memang iklan nya. Tetapi ada satu hal yang membuat menarik, yaitu rasa penasaran si anak tentang bagaimana keadaan ayam-ayam kesayangannya. “Jadi, ayamku?” tanya si anak sd dengan penuh kebingungan setelah menyantap mie instan tersebut. Seklias mungkin gak punya arti atau pemanis agar iklan tersebut semakin absurd dan menarik.

Suatu hari saat kuliah pengantar agroindustri dan kebetulan Pak Egum yang mengisi kuliah. Beliau sempat menyinggung tentang iklan mie instan yang cukup absurd itu dan kami pun tertawa. Ternyata ada satu fakta menarik dibalik kata-kata “Jadi, ayamku ?” yang beliau katakan saat itu. Yang dapat saya simpulkan dari penjelasan beliau adalah tidak ada ayam yang disakiti baik dalam iklan maupun pembuatan mie instan di pabriknya.

Bapak egum menjelaskan bahwa agar didapat rasa atau kandungan protein yang sama dengan ayam mereka dapat menggunakan kacang kedelai. Kacang kedelai terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein dalam kacang kedelai kemudian diekstrak dan dihidrolisis agar menjadi asam amino. Asam amino yang didapat disamakan dengan asam amino pada ayam. Lalu untuk rasa ayam, dapat direkayasa dengan memberi perisa ayam. Lagipula berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk satu bungkus mie nya apa bila menggunakan ayam asli? Jelas lebih eknomis penggunaan kacang kedelai.

Kira-kira seperti itu yang Pak Egum utarakan di kelas. Ternyata ada ilmu dibalik kata-kata absurd dari iklan yang tentunya gak kalah absurd, “Jadi, ayamku?”. Mungkin masih banyak iklan-iklan lain yang punya misteri yang belum terungkap di balik iklan itu. Intinya jangan remehkan hal-hal kecil karena mungkin banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari hal kecil tersebut.

Wassalam!
Siapa itu Pak Egum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: